Review ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL

Selfie atau swafoto mulai ngetrend di Indonesia sekitar tahun 2014. Sejak saat itu, hampir semua brand smartphone terus berinovasi untuk menghadirkan fitur selfie yang lebih baik dan sesuai keinginan penggunanya. Tidak terkecuali ASUS yang sempat meluncurkan ZenFone Selfie pada tahun 2015 lalu. Dan kini, pada ZenFone generasi terbarunya, ASUS juga merilis seri ZenFone 4 Sefie ZD553KL.

Menariknya, ZenFone 4 Selfie ini tidak hanya mengedepankan kemampuan kamera, baik kamera selfie maupun kamera belakang, tetapi juga memiliki performa yang baik. Penasaran? Simak reviewnya berikut ini.

Unboxing

Dalam paket pembelian, kini ASUS melengkapi ZenFone 4 Selfie dengan earphone dan softcase warna transparan. Ini tentunya menjadi kabar yang menyenangkan bagi penggemar Zenfone, mengingat sebelumnya ASUS tidak memberikan 2 aksesori tersebut.

Kamera & Video

Sesuai dengan namanya, ZenFone 4 Selfie mengunggulkan kamera depan dengan dual selfie camera. 1 Kamera utama dengan resolusi 20MP f/2.0 dan 1 lagi kamera dengan resolusi 8MP f/2.4 untuk selfie dengan sudut pandang yang lebih lebar sampai 120°.

Untuk menghasilkan foto selfie yang cantik, tersedia teknologi ASUS SelfieMaster, yaitu aplikasi yang intuitif dan menyenangkan untuk mengaplikasikan efek beautification, baik saat foto selfie, video selfie atau saat live streaming di sosmed. Selain itu ada Soft LED Flash juga untuk menambah pencahayaan saat selfie pada kondisi minim cahaya.

Berikut ini beberapa foto hasil pengujian kamera selfie.

Selfie di luar ruangan dengan kamera selfie utama.
Wefie berempat dengan kamera wide angle. Background fotonya masih terlihat lega dan masih muat jika ingin menambahkan 2 orang lagi.
Selfie siang hari di dalam ruangan dengan kamera utama.
Selfie siang hari di dalan ruangan dengan kamera wide angle. Sedikit ada noise tapi tidak terlalu terlihat.
Selfie malam hari di luar ruangan dengan menggunakan Soft LED Flash. Hasilnya tetap terang dan minin noise.

Sedangkan untuk video, kamera selfienya bisa merekam video dengan resolusi Full HD (1920 x 1080).

Selanjutnya untuk kemera belakang, resolusinya 16MP f/2.2. Tak lupa didukung dengan teknologi ASUS PixelMaster yang memberikan beberapa pilihan mode untuk memotret, yaitu mode Auto, Pro (manual setting), Beauty, Super Resolution, GIF, Panorama dan Time Lapse.

Foto di atas diambil dengan menggunakan mode auto. Foto pertama adalah foto saat siang hari. Dan foto kedua saat hari menjelang sore dan cahaya mukai redup.

Foto dengan mode panorama
Cropping dari foto yang diambil dengan mode panorama
Cropping dari foto yang diambil dengan mode panorama

Yang paling mengejutkan adalah mode Panorama yang ternyata dapat mengambil gambar sampai 360°. Hasilnya juga tajam, dan saat dicrop gambarnya masih cukup bagus, bisa dinikmati karena tidak terlalu pecah.

Selain pilihan mode untuk memotret, tersedia juga 9 filter yang bisa digunakan baik saat selfie maupun memotret dengan kamera belakang. Mode kamera dan filter tersebut bisa ditemukan dengan menggeser (swipe) layar ke kanan maupun kekiri saat kamera diaktifkan.

Untuk video, kualitas perekaman dengan kamera belakang juga bisa merekam video dengan resolusi Full HD. Sayangnya tidak dilengkapi built in stabilizer sehingga shaking saat pengambilan video tidak bisa dihindari. Tetapi seharusnya ini bisa dimaklumi mengingat ponsel ini memang dikhususkan untuk penggemar selfie.

Tetapi secara keseluruhan, kinerja kamera belakangnya cukup menyenangkan. Karena saat kondisi minim cahaya pun hasilnya masih oke dan minim noise.

Performa & Storage

ZenFone 4 Selfie dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 430 1,4GHz octa-core, GPU Adreno 505, dan RAM 4GB. Spesifikasi tersebut dapat mememberikan respons yang cepat saat digunakan, dan dapat diandalkan untuk multitasking.

Saat dicoba menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, yaitu browser, beberapa aplikasi sosmed dan sambil main game Candy Crush Soda Saga, masih dapat berjalan mulus tanpa lag. Begitu pun saat mencoba permainan Asphalt 8, tidak ada lag.

Untuk memori penyimpanan, tersedia internal memory sebesar 64GB, kapasitas yang sangat lega untuk menampung banyak foto dan video, jika penggunanya memang suka selfie. Tetapi kalau masih belum cukup, bisa pakai external memory dengan kapasitas sampai dengan 2TB, atau manfaatkan penyimpanan sebesar 100GB dari Google Drive secara gratis selama 1 tahun.

Baterai

Kapasitas baterainya tergolong standar yaitu 3.000mAh. Tetapi konsumsi baterainya bisa dikatakan tidak terlalu boros  karena bisa bertahan selama 11 sampai 12 jam untuk pemakaian semi berat, dengan kondisi ponsel online di jaringan 4G.

Untuk proses pengisian ulang, kurang lebih butuh waktu sekitar 2 jam mulai dari 0 sampai dengan 100%.

Software & User Interface

Operating System (OS) yang dipakai adalah Android Nougat 7.1 yang kabarnya akan segera diupdate ke versi yang lebih baru yaitu Oreo. Tak ketinggalan dukungan User Interface khas ASUS, yaitu ZenUI yang kini telah diperbaharui menjadi ZenUI generasi ke-4.

User Interface ZenUI 4

ZenUI 4 membuat kinerja ZenFone menjadi lebih ringan dan lebih cepat. Ini karena aplikasi preinstalled telah dikurangi menjadi hanya 13 aplikasi ditambah 3 aplikasi sosmed yaitu Facebook, Facebook Messenger dan Instagram. Pada ZenUI sebelumnya, ada 35 aplikasi preinstalled yang cukup memakan banyak ruang di internal memory.

Design

Zenfone 4 Selfie punya disain yang stylish dan elegan. Terutama untuk pilihan warna rose pink dan sunlight gold. Selain kedua warna tersebut, ada juga warna hitam (deep sea black). Tidak hanya stylish, ZenFone 4 Selfie ini juga nyaman digenggam dan tidak licin karena bahan casing menggunakan material aluminium. Selain itu bobotnya juga ringan dan tipis.

Tampak depan, terlihat display layar IPS seluas 5.5 inchi dengan tingkat kecerahan 400 nits. Layar tersebut dilapisi dengan 2.5D Curved Glass, dan dibingkai menggunakan bezel yang cukup tipis yaitu hanya 1.65mm. Untuk kenyamanan mata, ada bluelight filter untuk mengurangi bahaya sinar biru.

Di bagian atas layar, ada 2 kamera selfie. Main selfie camera dengan resolusi 20MP ada di sisi kanan. Sedangkan untuk wide angle camera 120° resolusi 8MP ada di sisi paling kiri, berjejer dengan sensor, LED Flash dan speaker di bagian tengah.

Sementara di bawah layar, terlihat 3 tombol sentuh kapasitif, yaitu tombol back, home dan menu. Menariknya, tombol home yang berada di tengah juga berfungsi sebagai sensor sidik jari yang dapat sangat responsif.

Dengan pindahnya fingerprint sensor ke depan, akses menggunakan sidik jari menjadi semakin mudah dan cepat karena dapat terlihat oleh mata. Berbeda saat sensor tersebut letaknya masih di belakang, masih butuh waktu untuk jari meraba dan menemukannya. Selain itu, bagian belakangnya juga jadi lebih simpel. Hanya ada kamera dan LED Flash, serta logo ASUS di bawahnya.

Jack earphone 3.5mm ada di bagian atas. Sementara di bagian bawah terdapat 2 speaker dan microphone, serta port micro USB untuk isi ulang daya baterai.

Posisi tombol power dan volume suara masih sama dengan ponsel pada umumnya, yaitu di samping kanan bagian atas. Tombol volume tersebut juga bisa disetting sebagai tombol shutter kamera. Zen circle masih tetap ada dan terletak pada tombol power karena memang sudah menjadi ciri khas ASUS.

Kemudian di bagian samping kiri, terdapat tray triple slot untuk 2 sim card dan 1 microSD card yang support sampai 2TB. Dengan begitu, penggunanya tetap bisa memakai dual sim card ditambah external memory tambahan.

Spesifikasi & Harga ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)


Display:
Resolution 5.5-inch IPS display, 400nits brightness, Front 2.5D curved glass display, 1.65mm slim bezel, Bluelight filter for eye care, capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)


Processor:
CPU Qualcomm Snapdragon 430 Mobile Platform with 64-bit Octa-core 1,4GHz Processor
GPU Qualcomm Adreno 505

Memory:
RAM / Storage LPDDR3 4GB / eMCP 64GB, microSD card up to 2TB, 100GB Google Drive free for 1 year


Camera System:
Front Camera
Camera 1 (main)
Resolution: 20MP
Sensor: Omnivision 20880 / 1.0μm pixel
Aperture: f/2.0
Focal length / field of view: 31mm/69°

Camera 2 (wide-angle)
Resolution: 8MP
Sensor: Omnivision 8856 / 1.12μm pixel size
Aperture: f/2.4
Focal length / field of view: 12mm/120°

Rear camera
Resolution: 16MP
Sensor: Omnivision 16880 / 1.0μm pixel size
Aperture: f/2.2
Focal length / field of view: 12mm/80°


Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode:
Auto mode with HDR Pro features / Pro mode / Beauty mode / Portrait / Super Resolution / Panorama / GIF Animation / Time Lapse / Slow Motion

SelfieMaster: Photo beautification / Video beautification / BeautyLive / Collage / Slideshow


Wireless
WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct


Sensor
Front fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor


SIM card and SD slot
Triple Slots: Dual SIM + MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time.
Slot 3: Supports up to 2TB MicroSD card


Network GSM Band 2, 3, 5, 8, WCDMA Bands 1, 5, 8, FDD-LTE Band 1, 3, 5, 7, 8, 20, TD-LTE Band 40. LTE Cat4: UL/DL 50/150Mbps, DC-HSPA+: UL/DL 5.76/42Mbps
GPS GPS, AGPS, GLO, BDS


OS Android Nougat 7.1.1 with new ASUS ZenUI 4.0


Battery
Non-removable 3.000mAh capacity


Audio / Microphone
5-magnet speaker for louder sound and less distortion, Audio CODEC integrated into PMIC, Dual internal mic with ASUS Noise Reduction Technology, FM radio
Size / Weight 155.66 x 75.9 x 7.85 mm / 144 gram


Color: Deepsea Black, Rose Pink, Sunlight Gold


Price: Rp3.499.000


 

Kesimpulan:

ZenFone 4 Selfie cocok untuk penggemar selfie namun masih menginginkan ponsel dengan performa yang baik untuk menunjang aktivitas harian.

Sebagai tambahan informasi, saat ini ASUS telah membuja ASUS Official Store di Lazada. Silakan klik untuk mendapatkan Zenfone 4 Selfie maupun produk ASUS lainnya.

16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *