Pilihan Aplikasi Kehamilan Bahasa Indonesia

Hamil dan melahirkan merupakan hal terbaik bagi perempuan. Dan selama hamil dan menjelang melahirkan, para calon ibu pasti membutuhkan banyak informasi agar bisa menjalani kehamilan sehat, hingga dapat melahirkan tanpa kendala. Menggunakan aplikasi kehamilan menjadi salah satu solusi untuk memberi informasi yang dibutuhkan. Selain itu, aplikasi kehamilan juga dapat berfungsi sebagai asisten atau teman yang mengingatkan hal-hal penting yang harus dilakukan calon ibu.

Di zaman serba digital sekarang ini, ada banyak aplikasi kehamilan yang bisa digunakan. Baik yang gratis maupun berbayar. Hanya saja, kebanyakan aplikasi kehamilan tersebut menggunakan bahasa Inggris. Untuk ibu-ibu di Indonesia, berikut ini ada beberapa aplikasi kehamilan berbahasa Indonesia yang dapat didownload secara gratis.

1. Teman Bumil

Aplikasi Teman Bumil disupport penuh oleh web kesehatan www.guesehat.com. Dan sejauh ini, Teman Bumil memberikan fitur, menu dan informasi terlengkap di antara semua aplikasi kehamilan berbahasa Indonesia. Informasi perkembangan janin bisa dipantau dengan lebih menyenangkan melalui fitur Janin 360.

Fitur Janin 360 memungkinkan calon ibu untuk dapat melihat gambar janin secara 3 dimensi. Gambar janin 3 dimensi tersebut bisa digerakkan dan diarahkan ke bagian tertentu, sehingga bisa melihat secara detil setiap bagian tubuh janin. Dilengkapi dengan iformasi perkembangan janin yang mudah dipahami.

Perkembangan janin tidak hanya disajikan dalam bentuk teks artikel, tetapi juga dengan gambar. Setiap minggunya, besar ukuran janin dicontohkan dengan gambar biji-bijian/buah-buahan. Misal, pada kehamilan minggu ke-4, janin sudah sebesar biji beras, atau pada minggu ke-30 yang digambarkan sudah sebesar buah timun. Selain itu, artikel dan tip yang sesuai umur kehamilan juga dapat dilihat di laman perkembangan janin. Begitu pula dengan ceklist apa saja yang harus dilakukan pada usia kehamilan tersebut, sehingga calon ibu bisa tau apa yang harus dilakukan.

Fitur Agenda dapat digunakan untuk mencatat jadwal penting yang harus dilakukan. Cara penggunaannya sama persis seperti aplikasi agenda pada smartphone, yaitu berupa kalender dimana calon ibu bisa membuat catatan pengingat pada tanggal yang ditentukan, semacam alarm yang akan memberi notifikasi jika waktunya sudah tiba.

Info aktual perkembangan ibu dan janin yang didapat saat pemeriksaan ke dokter atau bidan, dapat dicatat di menu Record Mum & Baby. Ibu bisa mencatat berapa pertambahan berat badan secara berkala, juga tensi darah. Begitu juga perkiraan berat dan ukuran janin, serta detak jantung yang dapat dilihat saat pemeriksaan USG. Semua informasi tersebut sangat berguna untuk memantau kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan.

Foto-foto hasil USG, atau foto kehamilan ibu pun bisa diunggah di album sebagai kenangan.

2. Halo Bumil

Halo Bumil merupakan aplikasi kehamilan yang disupport oleh brand susu Prenagen. Fitur dan informasi yang disajikan cukup lengkap dalam 4 menu utama, yaitu Timeline Kehamilan, Artikel, Kontrol Kehamilan & Album Foto.

Setiap minggu, ada notifikasi timeline kehamilan yang berisi informasi perkembangan janin dari minggu ke minggu. Dalam menyampaikan informasi perkembangan janin, aplikasi Halo Bumil menggunakan gaya bahasa seolah janin yang sedang berbicara, sehingga membuat calon ibu sedang berkomunikasi dengan janin.

Di menu Artikel, calon ibu dapat mencari artikel seputar kehamilan yang cukup lengkap. Banyak juga artikel solusi untuk berbagai permasalahan yang mungkin dihadapi selama hamil. Misal, cara mengurangi mual di kehamilan trimester pertama, dll. Sedangkan pada menu kontrol kehamilan, berguna untuk mencatat kenaikan berat badan ibu setiap minggunha. Tak ketinggalan ada album foto untuk mengunggah foto-foto USG sebagai kenangan.

3. Buku Bumil

Aplikasi ini hanya menyajikan artikel informasi tentang kehamilan pada umumnya. Tidak ada fitur untuk mencatat perkembangan aktual ibu dan janin berdasarkan pemeriksaan kehamilan oleh dokter atau bidan. Mungkin itu alasan mengapa diberi nama buku bumil, sehingga fungsinya juga sama dengan buku informasi. Meskipun demikian, informasi dan tip yang disajikan cukup lengkap, yaitu berupa artikel dari situs web yang bekerja sama dengan pengembang aplikasi buku bumil.

Fitur musik instrumental mungkin bisa jadi pertimbangan untuk menginstall aplikasi Buku Bumil. Ada beberapa musik Mozart yang dapat diputar langsung melalui aplikasi untuk diperdengarkan kepada janin. Atau bagi pengguna muslim, mungkin akan lebih suka pada fitur Qur’an. Ada beberapa ayat dari surat pilihan yang baik untuk dibaca selama hamil. Bisa juga diputar dan diperdengarkan kepada janin.

4. Masa Subur & Kehamilan Sehat

Aplikasi ini dibuat oleh dr. Adi Sp.Og yang berdomisili dan praktek di Jombang, Jawa Timur. Walau sederhana, aplikasi ini bisa dibilang cukup lengkap. Informasi yang disediakan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu saat perencaan kehamilan, masa hamil, dan setelah melahirkan.

Pada saat merencanakan kehamilan, pengguna dapat menghitung masa subur dan mendapat tip agar cepat hamil. Untuk informasi seputar kehamilan, isinya kurang lebih sama dengan kebanyakan aplikasi lainnya. Ada informasi perkrmbangan janin per 1 minggu, panduan senam hamil, tanda-tanda melahirkan, juga playlist musik untuk merangsang kecerdasan otak janin. Istimewanya, gambar yang digunakan untuk menjelaskan perkembangan janin adalah fotp 3D asli hasil USG.

Setelah melahirkan, aplikasi ini masih bisa dijadikan sumber informasi tentang cara menyusui, tip menyusui, cara menyimpan ASI Perah, sampai mitos dan fakta seputar menyusui yang penting diketahui.

Itulah beberpa aplikasi kehamilan berbahasa Indonesia yang telah dicoba oleh admin. Daftarnya akan diupdate dan ditambah jika ada aplikasi lain yang recomended. Semoga informasinya dapat berguna.

Tags:
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *