ASUS ZenBook Pro UX550, Ultrabook Sempurna Untuk Para Kreator

Performa kelas gaming, bodi tipis, audio berkelas, resolusi layar 4K!

***

Sekarang ini, notebook tipis memang sedang menjadi idaman banyak orang. Tak terkecuali para konten kreator dunia digital dengan gaya hidup yang aktif (mobile) dan dinamis. Untuk itu, ASUS menghadirkan ZenBook Pro UX550, sebuah notebook tipis yang memiliki spesifikasi memadai untuk keperluan olah grafis. Cocok untuk insan kreatif yang kekerja di ranah videografi.

ZenBook Pro UX550 ini diperkenalkan secara resmi oleh ASUS pada 15 Agustus 2017, di hotel Pullman melalui event launchingnya yang diberi judul “The Edge Of Beyond“. Selain ZenBook Pro UX550, ada 5 notebook tipis lainnya yang juga dilaunching pada momen yang sama.

Dari keenam notebook yang dilaunching tersebut, ada juga laptop dari seri VivoBook yang juga dibekali spesifikasi PRO dengan nama VivoBook Pro N580.

Lalu, apa yang membedakan ZenBook Pro UX550 ini sehingga lebih unggul? Mengingat harganya juga jauh di atas VivoBook Pro. Silakan simak ulasannya lebih lanjut!

Ramping, Dingin, Performa Tinggi

Ada beberapa faktor yang membuat ASUS ZenBook Pro UX550 memiliki performa tinggi, yaitu;

  1. Kartu grafis gaming hingga Nvidia Pascal GTX1050Ti dengan video memori GDDR5 sebesar 4GB. Bagi yang memperhatikan perkembangan notebook gaming ASUS, tentu mengetahui komponen grafis ini adalah chip yang biasanya ada di pada lini notebook gaming ROG. Dengan meletakkannya pada ZenBook, ASUS ingin mengombinasikan dua aspek yakni portabilitas dan performa yang tinggi, dan ini berhasil kami raih pada ZenBook Pro.
  2. Bodi berbahan metal yang kokoh dan premium, namun tetap tipis. Ada logo ASUS yang akan menyala ketika notebook dihidupkan. Ini akan menambah kesan mewah pada ASUS ZenBook Pro UX550.
  3. Prosesor yang sudah menggunakan Intel Core i7- 7700HQ berkecepatan 2,8GHz dan bisa ditingkatkan hingga 3,8GHz. Prosesor quad-core bertenaga ini juga mendukung Hyper-Threading Technology sehingga mampu mengerjakan 8 tugas sekaligus.
  4. Sistem pendinginan menggunakan dua buah fan dengan 3 heatpipe untuk mendinginkan komponen CPU dan juga GPU. Persoalan panas memang biasanya menjadi masalah utama yang dikhawatirkan seseorang pada perangkat ultrabook yang tipis. Oleh karena itu ASUS menjamin meski dibuat dengan bodi yang slim, ZenBook Pro tidak akan mengalami panas yang berlebihan berkat dual fan dan tiga heatpipe di dalamnya.
  5. Dari sisi memori utama, menggunakan RAM DDR4 2400MHz sebesar 16GB. Kapasitas yang sudah lebih dari cukup untuk mendukung kerja kreatif penggunanya.
  6. Untuk kapasitas penyimpanan, ASUS memasangkan SSD berbasis PCIe berkapasitas 1TB yang memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan SATA SSD. Penyimpanan berbasis PCIE SSD akan sangat terasa manfaatnya saat dioperasikan karena sangat cepat dan handal.

Ideal untuk Konten Kreator

Selain performa dan dimensi yang portable, ada aspek lain yang dibutuhkan oleh kreator supaya ultrabook tersebut tersebut mampu berfungsi maksimal. Ini demi mendukung aktivitas mereka. Fitur pendukung tersebut antara lain display atau layar, audio, konekvitas dan daya tahan baterai, serta disain keayboardnya.

Sekarang, mari coba bahas satu per satu.

Display/Layar

Layarnya sudah didukung dengan layar IPS resolusi hingga 4K UHD yang menawarkan rentang warna sRGB hingga 100 persen. Artinya, VivoBook Pro UX550 memiliki layar yang tajam dan jernih. Ini akan membantu para kreator untuk mendapatkan hasil editing gambar mendekati warna aslinya ketika dipandang oleh mata.

Selain itu, ASUS menyempurnakan sisi layarnya dengan teknologi touchscreen ditambah corning Gorilla Glass yang membuatnya aman dari goresan.

Resolusi layar 3840×2160 piksel dengan bentangan seluas 15,6 inci namun memiliki ukuran bodi 14 inci dan dikelilingi oleh bezel yang sangat tipis dengan ketebalan hanya 7,3mm. Screen to body ratio sangat besar yaitu 83 persen sehingga membuat layarnya seolah tidak memiliki pinggiran atau bezel.

Audio

AgarZenBook UX550 bisa menjadi ultrabook yang ideal untuk para kreator, ASUS turut menambahkan audio yang baik berkat kerjasama ASUS dengan Harman/Kardon. Ada empat buah speaker yang terletak di notebook tersebut sehingga membuat suaranya sangat kencang dan powerfull. Ini akan sangat bermanfaat bagi para kreator yang berkutat pada bidang audio maupun musik.

Konektivitas

VivoBook Pro UX550 sudah dilengkapi dengan dua buah USB Type C berfitur Thunderbolt, dua buah USB type A, port HDMI, combo audio jack dan micro SD card reader.  Ada juga tambahan live dongle pada paket pembeliannya yang terdiri dari kumpulan port penting sehingga penggunanya tidak perlu lagi membawa konektor apapun saat berpergian.

Baterai

Yang luar biasa adalah daya tahan baterainya yang mencapai 10 jam dalam kondisi pemakaian normal. Tidak hanya itu, pengguna bisa mengisinya kembali hingga 60 persen dalam waktu 49 menit karena telah mendukung fast charging.

Keyboard

Pengguna ASUS VivoBook Pro UX550 akan dibuat nyaman ketika mengetik karena keyboardnya bisa menyala, dan telah memiliki travel distance sebesar 1,5 mm.

Teknologi fingerprint juga tak lupa disematkan sebagai fitur keamanan. Penggunanya bisa mengaktifkan notebook hanya dalam satu sentuhan jari saja. Begitu juga dengan trackpad dengan teknologi smartgesture.

Spesifikasi & Harga

Main Spec. ASUS ZenBook Pro UX550VE/UX550VD
CPU Intel® Core™ i7-7700HQ Processor 2.8 GHz (6M Cache, up to 3.8 GHz)
OS Windows 10 Pro / Windows 10 Home
Memory 16GB DDR4L 2400MHz
Storage 1TB / 512GB PCIe SSD
Display 15,6″ IPS Touch UHD 4K (3840×2160) / FHD Touch (1920×1080) Corning® Gorilla® Glass, 60Hz refresh rate, wide 100% sRGB color gamut, 178° wide-view, ASUS Eye Care for up to 30% blue-light reduction, 7,3mm-thin bezel with 83% screen-to-body ratio in 14” chassis
Graphics Nvidia GTX1050Ti/ GTX1050 4GB VRAM GDDR5
Input/Output 2x USB 3.0 Type-C, glass-covered with intelligent palm-rejection touchpad, Precision touchpad (PTP) support with up to four-finger smart gestures, side-mounted for convenience fingerprint sensor, 2x USB 3.0, 1x HDMI, 1x combo audio jack, 1x micro USB card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity 802.11ac Wi-Fi; IEEE 802.11 a/b/g/n compatible, Bluetooth® 4.1
Audio SonicMaster Premium quad speaker stereo audio with surround-sound, Harman Kardon-certified, smart amplifier for maximum audio performance, array microphone with Cortana voice-recognition support, 3.5mm headphone jack
Weight   1.8Kg
Accesories carry bag & USB3.0 to RJ45 cable
Dimension 36.5 x 25.1 x 1.89 cm
Keyboard full-size backlit with 1.5mm key travel keyboard
Special Design Alumunium alloy body, diamond cut, elegant and modern lines, iluminated logo
Battery 73Wh 8-cell lithium-polymer battery, up to 14 hours battery life, fast-charge technology: 60% in 49 mins
Colors Black
Warranty 2 Tahun Garansi Global senilai Rp1.500.000

Kesimpulan

ASUS ZenBook Pro UX550 adalah ultrabook berbasis sistem operasi Windows 10 Pro yang ramping untuk ukuran laptop berkemampuan tinggi guna melakukan video editing. Terdapat dukungan prosesor terkuat berbasis Intel Quad Core i7 generasi ke-7 dan kartu grafis Nvidia GTX seri 10 yang didesain secara khusus untuk kebutuhan olah grafis tinggi bahkan hingga 3D gaming.

Pada sisi layar sudah menggunakan teknologi NanoEdge 15.6 inci, agar ZenBook Pro UX550 ini terlihat mirip dengan laptop berukuran 14 inci.

Dan dengan ketebalan yang  hanya 1,89cm dan bobot kurang 1,8kg, ASUS ZenBook Pro UX550 adalah pilihan yang tepat untuk menjadi teman para kreator. Penggunanya bisa bekerja di mana dan kapan saja, seperti menyunting naskah, menggubah komposisi musik ataupun melakukan editing video, tanpa perlu terbebani dengan beban bawaan yang berat serta terlalu banyak.

Dengan begitu, pengguna ZenBook Pro, bisa lebih mudah membawa perlengkapan penting lain yang diperlukan, seperti kamera, lensa, atau tripod untuk kebutuhan pembuatan video.

Dan notebook berkelas pro dan premium ini, ASUS membanderol VivoBook Pro UX550 dengan harga yang pantas, yaitu Rp26.299.000.

21 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *