3 Aplikasi Belanja Online Dengan Jasa Personal Shopper

Belanja kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, daging dan sayuran segar, juga bumbu-bumbu dapur, bisa saja menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi para ibu. Tetapi bisa juga merupakan hal yang paling ingin dihindari karena berbagai alasan. Sibuk kerja dan tak ada waktu, misalnya. Atau karena butuh usaha yang luar biasa, seperti jalanan macet, dan antrian di kasir supermarket yang kadang mengular.

Belum lagi kalau barang yang ingin dibeli tidak tersedia di supermarket yang sudah didatangi. Pindah supermarket lain atau mencarinya ke pasar tradisional pasti butuh extra tenaga dan tambahan waktu lagi.

Melihat persoalan itu, lalu muncul lah solusi yang ditawarkan untuk mempermudah urusan belanja. Solusi tersebut berupa jasa personal shopper berbasis aplikasi belanja online.

Personal shopper adalah semacam asisten yang siap menggantikan tugas berbelanja apa saja di supermarket terdekat dengan alamat rumah kita. Dan tentunya, mereka sudah terlatih untuk memilihkan barang belanjaan yang terbaik dan berkualitas.

Jadi, tak perlu kuatir akan mendapat buah atau sayuran yang layu, atau daging yang sudah tidak segar.

Cara bertransaksinya juga sangat mudah, sama seperti yang biasa Anda lakukan jika berbelanja online di e-commerce atau toko online biasanya. Tinggal buka aplikasi, pilih barang, lalu lakukan pembayaran. Nantinya, akan ada personal shopper yang akan melakukan tugas belanja di supermarket terdekat, lalu mengirimkan belanjaan tersebut ke rumah sesuai waktu yang Anda tentukan.

Saat ini, setidaknya ada 3 aplikasi belanja online untuk kebutuhan sehari-hari (groceries), yang menawarkan jasa personal shopper. Apa saja aplikasi tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

1. HappyFresh

Bisa dibilang, HappyFresh adalah aplikasi belanja online pertama yang menawarkan jasa personal shopper di Indonesia. Selain di Indonesia, layanan HappyFresh juga bahkan sudah ada di beberapa negara lain seperti Bangkok, Manila dan Taipei.

Di Indonesia sendiri, layanan HappyFresh sudah beroperasi sejak tahun 2015, dan baru bisa digunakan di beberapa kota besar saja, yaitu Jabodetabek, termasuk Tangerang, BSD, Bekasi dan Depok, serta Surabaya dan Bandung pusat.

Saat ini HappyFresh sudah bekerja sama dengan banyak supermaket yang namanya sangat familiar, seperti Superindo, Transmart Carrefour, Lotte Mart, Ranch Market dan Farmers Market. Selain itu, HappyFresh juga bekerja sama dengan outlet-outlet makanan seperti Dapur Coklat, dll.

Untuk biaya pengiriman, HappyFresh memberikan gratis ongkos kirim untuk pembelanjaan minimal 500 ribu rupiah. Namun jika nominal belanja Anda dibawah itu, dikenakan biaya pengiriman atau jasa service sebesar Rp20 ribu.

2. Honestbee

Honestbee adalah perusahaan startup dari Singapura dan sudah mulai beroperasi di Indoneaia sejak Agustus 2016.

Untuk setiap pengiriman, Honestbee menetapkan biaya asisten belanja sebesar Rp10.000 untuk setiap transaksi. Meskipun biaya layanan yang ditetapkan lebih murah dibanding HappyFresh, sayangnya Honestbee baru bisa menjangkau menjangkau wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Supermarket yang sudah bekerja sama dengan Honestbee pun masih lebih sedikit, antara lain Transmart Carrefour, dan beberapa toko lain seperti Sababay Winery, Javara Indigenous Indonesia, Stevan Meat Shop.

3. Go-Mart

Jika bicara soal banyaknya toko yang telah bekerja sama, dan luas jangkauan pelayanan, Go-Mart dari Gojek jelas lebih unggul. Ada ratusan pilihan toko dan ribuan jenis produk di seluruh Indonesia yang sudah dijangkau oleh layanan Gojek. Tidak hanya supermarket, tetapi juga minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, juga apotek, toko-toko obat & kosmetik, serta masih banyak jenis toko lainnya.

Biaya yang ditetapkan juga jauh lebih murah, yaitu sebesar Rp4.000,- jika membayar menggunakan Go-Pay. Strategi diskon biaya ini dimaksudkan untuk menghindari pembatalan order sepihak oleh pembeli.

Selain ketiga aplikasi layanan belanja di atas, sebenarnya masih ada lagi beberapa aplikasi lain, seperti Klik Indomaret yang juga memberikan layanan pengantaran sesuai waktu yang diinginkan. Sayangnya, layanan Klik Indomaret pun belum bisa menjangkau seluruh daerah di mana ada Indomaret.

Saat ini Klik Indomaret baru bisa menjangkau JaBoDeTaBek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Jember, dan Denpasar.

Nah, dengan adanya berbagai pilihan aplikasi belanja online dengan jasa personal shopper, Anda tentu semakin dimudahkan dalam urusan berbelanja. Tinggal pilih mana yang paling sesuai di hati dan yang menjangkau area tempat tinggal Anda.

Tags:
26 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *